Sunday, February 1, 2009

robot canggih

DALAM beberapa tahun lagi diyakini manusia akan memiliki ras sepadan meski wujudnya mesin. Aneka robot humanoid telah muncul meski dengan tingkat kesempurnaan sifat dan ketrampilannya masih beragam.

Robot Advanced Step in Innovative Mobility (Asimo) keluaran Honda Motor Co dinilai humanoid yang komplet, jika belum bisa disebut mendekati sempurna. Aksi terakhir Asimo adalah jadi konduktor pergelaran Detroit Symphony Orchestra di Detroit, AS, 13 Mei 2008.

Selain Honda, berbagai perusahaan elektronik dan mesin terkemuka dunia juga tengah berlomba menciptakan manusia-manusia mesin. Hebatnya, rekayasa robot itu kini tak lagi hanya dikuasai negara-negara maju seperti Jepang, Jerman, atau AS saja.

Sebuah robot humanoid muncul dari Uni Emirat Arab. Robot ini diklaim lebih canggih dari Asimo maupun saudara tuanya Qrio. Bahkan lebih canggih dari semua humanoid lain yang pernah dibuat.
Robot bernama REEM-B itu dibuat Pal Technology Robotics, perusahaan berbasis di UEA yang menjadi bagian dari holding company Pal Group. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2000 mencakup bisnis IT, keamanan, perkayuan, desalinasi air, konstruksi, biro wisata, dan televisi.
Klaim kehebatan REEM-B ini memang rada mencengangkan.

Robot ini dapat berjalan seperti manusia dengan kecepatan sekitar 1,5 km/jam. Walaupun terkesan lambat, namun 1,5 km/jam adalah kecepatan cukup tinggi untuk sebuah robot berkaki dua.

Baterai yang digunakan REEM-B juga dapat bertahan selama lebih dari 2 jam, ini lebih lama dari daya tahan baterai yang digunakan pada robot-robot humanoid lain. REEM-B memiliki banyak motor pada tubuhnya.

Banyaknya motor di tubuh REEM-B memungkinkannya melakukan hal-hal kompleks yang tidak dapat dilakukan robot lain. Antara lain duduk, berdiri, mengambil benda di lantai, dan sebagainya. REEM-B juga mampu menjaga keseimbangannya dengan cukup baik.

REEM-B mampu membawa benda dengan berat hingga 12 kg. Selain itu ia juga mampu mengenali suatu objek, dan memanfaatkan objek tersebut sesuai kegunaannya. Misalnya, REEM B dapat mengenali suatu botol, dan air yang ada dalam botol tersebut.

Ia juga dapat menuang air dalam botol tersebut ke gelas tanpa memecahkan botolnya. REEM-B dapat menentukan berapa tenaga yang harus ia kerahkan untuk mengangkat, menyentuh, mendorong, atau menarik suatu objek sehingga tidak merusak objek tersebut.(xna)

Kenali Wajah Orang
SATU kemampuan yang mampu membuat berdecak kagum, robot ini mampu mengenali wajah (fisik) dan suara orang-orang di sekitarnya. Walaupun perbendaharaan kata-katanya belum banyak, namun REEM B juga sudah dapat diajak berbicara dengan kata atau kalimat-kalimat yang sederhana.

Sepertidikutip dari web blog published mind dan juga situs resmi REMM-B di www.pal-robotics.com, humanoid ini merupakan robot pertama di dunia yang mampu mengenali lingkungan dan menghapalkannya.

Ia mampu memetakan lingkungan di mana ia tinggal, dan menggunakan peta tersebut untuk menentukan kemana ia harus berjalan dan menentukan rute terbaik untuk menuju ke suatu lokasi.

REEM-B dapat mengingat di mana lokasi kamar mandi, dapur, ruang makan, kamar tidur, dan sebagainya, ia juga akan mengingat objek-objek apa yang ada dalam ruangan tersebut.

Kemampuan ini akan sangat berguna baginya, sebab REEM-B memang sengaja diciptakan untuk membantu orang tua (lansia), dan orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik.

Meski mesin berkemamapuan mendekati manusia itu masih dalam bentuk prototipe, tak lama lagi versi komersial akan diproduksi. Pembuatnya menjanjikan di versi komersial, kemampuan REEM-B akan dilipatgandakan



1 komentar: